PROSES PEMBUATAN SUSU KAMBING ETAWA BUBUK ORGANIKHal yang sangat mendasar dan prinsipil dalam proses pembuatan susu kambing etawa bubuk organik adalah menghilangkan kandungan air sebanyak-banyaknya dengan cara pemanasan atau pengeringan. Tahap-tahapnya adalah Pendahuluan, Pemanasan Awal, pengeringan, penghalusan, dan pengepakan.

PENDAHULUAN

Pada tahap ini yang harus dilakukan adalah penyaringan. Susu kambing cair dipisahkan dari benda-benda asing seperti pasir, debu, bulu agar susu benar-benar berih dan higienis.

PEMANASAN AWAL

Yaitu dengan cara menguapkan sebagian air yang terkandung dalam susu kambing tersebut sampai mencapai kadar kurang lebih 45-50% saja. Susu kambing ini dimasukkan ke dalam suatu alat yang bernama evaporator dengan suhu 65-177oC. Langkah selanjutnya adalah standarisasi. Yaitu dengan menuangkan susu kambing tersebut ke dalam wajan besar dan mengaduknya sampai dengan kering menggumpal.

PENGERINGAN

Pengeringan dilakuakn dengan oven besar bertujuan untuk menghilangkan kadar air sekering-keringnya.

PENGHALUSAN

Langkah selanjutnya adalah penghalusan. Setelah dikeluarkan dari oven, susu kambing dihaluskan terlebih dahulu. Karena dalam proses-proses diatas susu kambing akan menggumpal. Penghausan menggunakan alat penghalus biji seperti biasa untuk menghaluskan kedelai atau yang lain

PENGEPAKAN

Setelah susu kambing berbentuk bubuk, barulah susu di kemas ke dalam aluminium foil kedap udara. agar senantiasa steril.

Demikianlah proses pembuatan susu kambing etawa bubuk organik. apabila kurang jelas bisa menghubungi langsung bapak Arif Fianto. Semoga bermanfaat.

Recent search terms:

  • proses pembuatan susu kambing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *